7 Cara Tepat Memilih Durian yang Manis dan Nikmat

7 Cara Tepat Memilih Durian yang Manis dan Nikmat. Nggak Mau Kan Dapat Durian yang Hambar?


Bulan Februari ini adalah musim buah durian. Bagi pecinta durian, tentu nggak bakal melewatkan musim durian. Momen berburu durian selalu jadi kesenangan tersendiri bagi para penikmat durian. Meskipun banyak disukai namun tak jarang pula banyak orang membenci buah ini. Seperti diketahui, bangsa Indonesia terbelah menjadi 2 kutub, pecinta durian dan pembenci durian. Hehehe.
Buat pecinta durian, ane mau ngasih tahu kamu cara memilih buah durian yang harum dan manis daging buahnya. Sering ‘kan kamu yakin buah durian enak namun setelah dibuka rasanya zonk banget alias hambar. Mana harganya mahal lagi ya? Nah makanya itu, kamu perlu tahu cara tepat memilih durian yang manis dan rasanya nikmat. Yuk simak aja ulasannya kalau penasaran. Hehehe.

Pertama, cium baunya terlebih dahulu. Jika sudah tercium aroma yang harum maka bisa dipastikan bahwa daging buah durian tersebut manis


Sebelum membeli, cium terlebih dahulu aroma durian tersebut. Meski kulit durian masih tertutup rapat, namun aroma durian yang matang dan manis bisa tercium kok. Jika aromanya harum maka daging buah durian tersebut rasanya manis. Cara ini adalah cara paling konvensional yang sudah dilakukan para pembeli.

Kedua, jangan terpaku pada warna kulitnya. Warna kulit tidak menjamin rasa manis durian…



Ketiga, perhatikan durinya. Jika duri-durinya pendek biasanya dagingnya tebal dan manis.


Mungkin jarang yang memperhatikan duri ketika membeli durian. Asal kamu tahu saja, duri durian yang pendek dan jarang biasanya mempunyai daging durian yang tebal dan manis. Sebaliknya, jika kamu menemukan duri yang panjang dan banyak biasanya dagingnya sedikit dan kurang manis. Mulai sekarang perhatikan durinya ya.

Keempat, ketuk-ketuk durian tersebut dan dengarkan suaranya…



Mintalah bantuan si penjual untuk mengetuk-etuk kulit buah durian tersebut dengan pisau. Jika suaranya ‘plek-plek’ maka durian tersebut belum matang. Sementara jika suaranya sudah berbunyi ‘bluk-bluk’ maka durian itu bisa dipastikan sudah matang. Coba deh dengerin baik-baik suaranya ya.

Kelima, jangan pernah menerima durian yang kulitnya sudah terbuka. Kulit yan terbuka ini bisa membuat durian menjadi hambar



Kadang, durian yang dijajakan di pinggir jalan ada yang sudah terbuka kulitnya. Ya meskipun kecil dan tak seberapa, sebaiknya kamu jangan beli durian tersebut. Kulit yang terbuka membuat daging durian terkena angin dan perlahan menghilangkan aroma harum dan rasa manisnya. Jangan kaget kalau kamu buka duriannya malah hambar.

Keenam, jangan lupa perhatikan tangkainya. Jika tangkainya tebal dan pendek maka daging yang ada di dalamnya banyak…



Tangkai bisa menentukan besarnya daging durian lho. Jika tangkainya besar dan pendek biasanya dagingnya cukup tebal. Sementara jika tangkainya panjang dan kecil biasanya dagingnya sedikit. Namun tips ini cukup sulit karena biasanya pedagang sudah memotong tangkainya. Hehehe.

Terakhir, pilihlah durian yang bulat dan hindari yang lonjong. Biasanya durian bulat punya daging yang lebih banyak dibanding durian lonjong



Tak semua durian bentuknya bulat, ada juga yang berbentuk lonjong. Tapi jika kamu pengen daging yang lebih banyak, maka pilihlah buah durian yang bentuknya bulat. Menurut pedagang buah, buah durian bulat lebih banyak daging buahnya. Nggak percaya, buktiin aja deh!
Tuh udah ada 7 cara memilih buah durian yang buahnya banyak dan juga manis. Yuk saatnya berburu durian!






No comments:

Post a Comment